Gelar Pelatih Terbaik Di Seri A Italia

Pada musim pertamanya bersama dengan internazionale milan, jose mourinho mampu memenangkan penghargaan bernama panchina d’oro yang diberikan untuk pelatih terbaik di serie a italia namun hanya didapatkan sekali seumur hidup saja. Disini juga terdapat sejumlah pelatih terbaik dunia seperti misalnya antonio conte, maurizio sarri, hingga carlo ancelotti sehingga memang mereka semua memiliki gengsi yang amat hebat. Lalu jose mourinho juga pernah memenangkan penghargaan miguel munoz dimusim dua ribu sepuluh hingga dua ribu sebelas (2010 – 2011) dan semusim berselang di 2011 hingga 2012. Trofi yang satu ini diberikan oleh harian sepakbola spanyol bernama marca dan jose mourinho bersama dengan josep pep guardiola serta unai emery menjadi pelatih tim la liga spanyol yang mampu menggondol trofi itu secara beruntun dan hingga sekarang belum ada yang mampu melakukannya lagi. Kemudian ketika masih membesut porto football club di portugal sana, jose mourinho juga pernah memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik yang diberikan oleh UEFA alias asosiasi yang membawahi seluruh organisasi pesepakbolaan di eropa dimusim dua ribu dua hingga dua ribu tiga (2002 – 2003) dan 2003 sampai 2004.

informasi liga champion

Pencapaian ini membuktikan bahwa pelatih berjuluk the special one ini memang benar – benar spesial. Masih mengenai penghargaan yang diberikan oleh UEFA seperti diatas, porto football club yang dilatih oleh jose mourinho berhasil memenangkan penghargaan sebagai tim terbaik ditahun dua ribu tiga hingga dua ribu lima (2003 – 2005) dan dua ribu sepuluh (2010) bersama dengan internazionale milan. Memang jose mourinho kerap mencatatkan hasil yang gemilang bersama tim besutannya, dengan pengecualian mungkin real madrid saja sejauh ini. Mungkin hingga sekarang penghargaan yang paling bergengsi yang berhasil dibawa pulang oleh jose mourinho adalah trofi sebagai salah satu dari sepuluh (10) pelatih terbaik sepanjang masa yang diberikan oleh UEFA lagi.

Memang karir kepelatihan dari seorang jose mourinho sangatlah gemilang, dan tidak hanya cemerlang bersama satu klub saja namun hampir semua klub di liga besar eropa sudah dibawa bersinar olehnya. Selanjutnya jose mourinho juga pernah menerima penghargaan sebagai pelatih terbaik versi majalan sepakbola dunia sebanyak tiga (3) kali, yakni ditahun dua ribu empat dan dua ribu lima (2004 – 2005) ketika dirinya masih menangani chelsea, serta ditahun dua ribu sepuluh (2010) kemarin saat membawa internazionale milan menjuarai treble. Nerazzuri adalah klub pertama yang mampu memenangkan penghargaan seperti ini. Pada tahun dua ribu tiga belas (2013) kemarin ketika tengah menangani real madrid di la liga spanyol, jose mourinho juga mampu memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik ketiga sepanjang masa yang juga diberikan oleh majalah sepakbola dunia berkat pencapaiannya bersama dengan los galacticos yang mampu memenangkan la liga spanyol dan mematahkan dominasi barcelona yang kala itu masih dipoles oleh jose pep guardiola. Ketika masih membesut internazionale milan dan membawa klub itu menyabet treble, jose mourinho mampu memenangkan penghargaan sebagai pelatih eropa terbaik ditahun dua ribu sepuluh (2010). Meskipun singkat, namun nampaknya internazionale milan memiliki tempat tersendiri dilubuk hati pelatih berjuluk the special one ini namun perlu diingat juga bahwa skuad nerazzuri kala itu berisikan sederet pemain terbaik dunia seperti samuel etoo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *