Kisah Josep Guardiola

informasi dunia bola

Setelah josep guardiola memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepakbola, pelatih berkepala plontos ini kemudian memutuskan untuk menjadi pelatih untuk tim B Barcelona dan ditahun dua ribu delapan (2008) berikutnya, josep guardiola ditunjuk untuk menggantikan frnak rijkaard sebagai juru taktik tim inti klub berjuluk blaugrana tersebut. Dari sinilah pencapaian barcelona bisa terlihat menanjak dengan sangat tajam. Pada musim pertamanya sebagai pelatih barcelona, josep guardiola mampu membawa lionel messi dan kawan – kawan mendapatkan treble, alias raihan tiga (3) gelar bergengsi dalam semusim yakni juara la liga spanyol, copa del rey, dan juga liga champions eropa. Raihan ini tidaklah mudah untuk dilakukan mengingat baru ada dua (2) klub lain yang bisa melakukannya, yakni internazionale milan dan juga bayer munchen. Dengan raihan tiga (3) gelar dalam semusim diatas alias treble tersebut, josep guardiola akhirnya didaulat sebagai pelatih paling muda dalam sejarah yang mampu membawa pulang trofi liga champions eropa dan juga treble tadi. Capaian yang sangat gemilang ini juga tidak mungkin terjadi tanpa adanya kehadiran generasi emas barcelona dan spanyol yang terdiri dari xavi hernandez, andres iniesta, dan juga lionel messi yang semuanya masih dalam masa prima mereka. Memasuki musim berikutnya, josep guardiola mampu mengantarkan barcelona menjuarai sejumlah turnamen sepakbola yang tidak kalah bergengsi, mulai dari piala supercopa de espana, piala super uefa, piala dunia antarklub, disamping juga gelar kampiun la liga spanyol untuk kedua kalinya secara beruntun. Torehan gelar ini sangatlah cemerlang lantaran real madrid juga kala itu tengah memasuki masa kelam mereka dan belum seperti sekarang ini.

Ketahuilah info taktik seorang jose mourinho.

informasi dunia bola

Pada tahun dua ribu sebelas (2011) berikutnya setelah lagi – lagi josep guardiola sanggup membawa barcelona kembali menjuarai pergelaran la liga spanyol untuk yang ketiga kalinya secara beruntun, lalu supercopa de espana, dan liga champions eropa, pelatih yang kini menukangi manchester city di inggris ini mendapatkan medali emas dari parlemen katalan, sebuah medali tertinggi atas pencapaian yang mampu disumbangkan olehnya. Masih pada tahun yang sama yakni dua ribu sebelas (2011) kemarin, josep guardiola juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik pilihan fifa, sebuah federasi yang mengepalai seluruh organisasi pesepakbolaan didunia lantaran pencapaiannya yang sangat gemilang bersama dengan barcelona saat itu. Semua prestasi cemerlang ini dicapai oleh josep guardiola ketika usianya masih relatif muda dibandingkan pelatih lain pada umumnya.

Ikuti terus update tentang informasi dunia bola terlengkap.

Berikutnya pada musim keempatnya bersama dengan barcelona, pelath berpaspor spanyol yang satu ini mampu kembali menjuarai pergelaran copa del rey, piala super uefa, piala dunia antarklub, dan juga supercopa de espana. Disini bisa dilihat hanya dalam waktu yang singkat saja, josep pep guardiola sanggup mentransformasikan barcelona menjadi klub yang tadinya jarang memenangkan gelar apa – apa menjadi salah satu kandidat kuat pada setiap turnamen yang mereka ikuti. Akan tetapi tidak ada gading yang tak retak, dan pada tanggal tiga puluh (30) bulan juni tahun dua ribu dua belas (2012) kemarin josep guardiola akhirnya mengumumkan kepada dunia mengenai kepergiannya dari tanah camp nou untuk mencari tantangan yang lebih diluar sana. Keputusan ini tentu saja mengejutkan banyak pihak walaupun pada akhirnya semua pendukung blaugrana mampu menerima keputusan pelatih berkepala plontos yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *